Akuntan

Prolog

Sebuah perusahaan memiliki alur transaksi yang bermacam-macam, dan untuk menginspeksi transaksi tersebut, dibutuhkan seorang akuntan. Dia adalah salah satu pemain utama dalam bisnis apa pun yang dia jalani, apakah itu perusahaan besar atau bisnis kecil. Akuntan memantau dan mencatat aliran uang melalui bisnis atau organisasi. Tanggung jawab akuntan untuk memverifikasi keakuratan semua transaksi uang dan untuk memastikan bahwa semua transaksi ini legal dan mengikuti panduan terbaru. Mungkin akuntan tersebut bekerja untuk perusahaan secara kontrak untuk melakukan pembukuan atau pengembalian pajak. Untuk diketahui bahwa mereka juga dapat bekerja untuk perorangan dalam mengambil keputusan keuangan, pengembalian pajak, atau masalah terkait uang lainnya.

Tugas

Dengan menggunakan angka dan laporan keuangan, akuntan menjelaskan kesehatan suatu perusahaan, organisasi atau individu, dengan menggunakan keterampilan mereka dalam bidang matematika, akuntansi, hukum dan keuangan. Berikut beberapa tugasnya:
  • Menentukan persyaratan penggajian; memelihara data penggajian; mempersiapkan dan memproses gaji bulanan
  • Berinteraksi dengan auditor internal dan eksternal dalam menyelesaikan audit
  • Jelaskan faktur penagihan dan kebijakan akuntansi kepada staf, vendor, dan klien
  • Mempersiapkan dan meninjau ulang anggaran, pendapatan, biaya, daftar gaji, faktur, dan dokumen akuntansi lainnya
  • Menganalisis dan meninjau ulang anggaran dan pengeluaran untuk pendanaan lokal, negara bagian, federal dan swasta, meninjau kontrak, dan hibah
  • Siapkan laporan laba rugi dan laporan akuntansi penutupan dan biaya bulanan
  • Analisis tren pendapatan belanja dan rekomendasikan tingkat anggaran yang sesuai, dan memastikan pengendalian pengeluaran
  • Kompilasi dan analisis informasi keuangan untuk mempersiapkan entri, seperti buku besar umum, dan transaksi bisnis dokumen
  • Mengawasi masukan dan penanganan data keuangan dan laporan untuk sistem keuangan otomatis perusahaan
  • Menetapkan, memelihara, dan mengkoordinasikan pelaksanaan prosedur pengendalian akuntansi
  • Merekomendasikan, kembangkan dan pertahankan basis data keuangan, sistem perangkat lunak komputer, dan sistem pengarsipan manual

Rekan Kerja

Dalam kegiatannya, seorang akuntan biasa berhubungan dengan rekan-rekannya seperti:
  • Staf
  • Auditor
  • Operator

Jenis Akuntansi

Akuntansi Publik
Ini akan menjadi layanan akuntansi untuk masyarakat umum, dan dianggap lebih profesional daripada akuntansi swasta. Akuntan publik bersertifikasi dan tidak bersertifikat, tetap dapat memberikan layanan akuntansi publik.

Akuntansi Swasta 
Ini adalah akuntansi yang hanya terbatas pada satu perusahaan saja, di mana seorang akuntan menerima gaji atas dasar majikan-karyawan. Istilah ini digunakan bahkan jika atasan berada di perusahaan publik.

Akuntansi Pendapatan Nasional 
Daripada konsep badan usaha biasa, akuntansi pendapatan nasional menggunakan konsep ekonomi atau sosial dalam membangun akuntansi. Jenis akuntansi ini bertanggung jawab dalam memberikan perkiraan umum daya beli tahunan suatu negara.GNP (produk nasional bruto) mengacu pada total nilai pasar semua barang dan jasa yang diproduksi oleh suatu negara, biasanya dalam satu tahun kalender.

Akuntansi Fidusia 
Jenis akuntansi ini dilakukan oleh wali amanat, pelaksana, administrator, atau siapapun yang dalam posisi percaya. Tugas akuntan adalah menyimpan catatan dan menyiapkan laporan, yang dapat diberi wewenang oleh atau di bawah yurisdiksi pengadilan. Akuntan fidusia akan mengendalikan semua harta benda yang tunduk pada warisan atau kepercayaan.

Akuntansi Pemerintahan 
Jenis akuntan ini akan bekerja untuk organisasi nirlaba atau cabang atau unit dari tingkat pemerintahan manapun. Sistem akuntansi double-entry dengan jurnal dan buku besar digunakan, sama seperti akuntansi konvensional. Layanan akuntan swasta atau publik dapat digunakan. 

Akuntansi Forensik 
Akuntansi forensik adalah area praktek khusus akuntansi yang menjelaskan hasil dari sengketa atau proses pengadilan yang aktual atau yang diantisipasi."Forensik" berarti "cocok untuk digunakan di pengadilan", dan sesuai dengan standar dan hasil potensial yang harus dimiliki oleh akuntan forensik. Akuntan forensik juga disebut sebagai auditor forensik atau auditor investigasi, seringkali harus memberikan bukti ahli pada persidangan akhir. 

Akuntansi Investasi
Akuntansi investasi, akuntansi portofolio atau sekuritas akuntansi - semua sinonim yang menggambarkan proses akuntansi portofolio investasi seperti sekuritas, komoditas dan / atau real estat yang dimiliki dalam dana investasi seperti reksadana atau hedge fund.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel